• KEPALA DINAS
  • SEKRETARIS DINAS
  • KEPALA BIDANG PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIAL
  • KEPALA BIDANG REHABILITASI SOSIAL
  • KEPALA BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN PENANGANAN FAKIR MISKIN
Nama : Ir. H.T. MUKHTARUDDIN, M.Si
NIP : 19600713 199003 1 003
Golongan : IV.c
Jabatan : KEPALA DINAS

Uraian Tugas :

  1. perumusan kebijakan di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Bidang Rehabilitasi SosialsertaBidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin;
  2. koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Bidang Rehabilitasi SosialsertaBidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin;
  3. koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Sosial;
  4. koordinasi pelaksanaan supervisi dan pengawasan penyelenggaraan administrasi pemerintahan;
  5. pengelolaan barang milik/ kekayaan negara/daerah yang menjadi tanggung jawab Dinas Sosial;
  6. pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Sosial;
  7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di lingkungan Dinas Sosial; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
Nama : Dra. SRINORALITA, MM
NIP : 19751216 199403 2 001
Golongan : IV.a
Jabatan : SEKRETARIS DINAS

Uraian Tugas :

  1. koordinasi kegiatan Dinas Sosial;
  2. koordinasi dan penyusunan rencana, program, dan anggaran Dinas Sosial;
  3. pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, arsip, dan dokumentasi Dinas Sosial;
  4. pembinaan dan penataan organisasi dan tata laksana;
  5. koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan serta pelaksanaan advokasi hukum;
  6. penyelenggaraan pengelolaan barang milik/ kekayaan negara/ daerah dan layanan pengadaan barang/ jasa; dan
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

  • KASUBBAG KETATAUSAHAAN DAN KEUANGAN
  • KASUBBAG PROGRAM DAN DATA
Nama : AZLAN, SH
NIP : 19710517 200212 1 003
Golongan : III/d
Jabatan : KASUBBAG KETATAUSAHAAN DAN KEUANGAN

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Subbagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSubbagian Umum dan Kepegawaian;
  3. melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;
  4. melaksanakan tertib administrasi naskah dinas;
  5. melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan;
  6. menyusun dan mengoordinasikan surat tugas perjalanan dinas dan pengendalian administrasi perjalanan dinas;
  7. melaksanakan penyusunan, pendistribusian dan pengiriman surat/ naskah dinas dan arsip serta pengelolaan perpustakaan;
  8. melaksanakan pengelolaan hubungan masyarakat dan pendokumentasian;
  9. menyusun, mengoordinasikan dan menyelenggarakan rapat dinas dan keprotokolan;
  10. menyusun dan mengoordinasikan rencana kebutuhan barang milik daerah di lingkungan dinas;
  11. melaksanakan evaluasi pelaksanaan tata tertib penyimpanan, pemeliharaan, pendistribusian, inventarisasi dan penghapusan barang milik daerah dilingkungan dinas;
  12. melaksanakan urusan rumah tangga, keamanan dan ketertiban dilingkungan dinas;
  13. melaksanakan pemeliharaan dan pengelolaan barang milik daerah/negara di lingkungan dinas;
  14. menyiapkan bahan penataan kelembagaan dan ketatalaksanaan di lingkungan dinas;
  15. menyiapkan dan mengelola bahan bacaan dan aturan perundang-undangan;
  16. menyiapkan dan menyusun bahan rencana kebutuhan formasi dan mutasi pegawai pada e-formasi;
  17. melaksanakan penyusunan pengelolaan data kepegawaian;
  18. menyiapkan bahan administrasi kepegawaian yang meliputi daftar hadir, cuti, file kepegawaian, SKP, kenaikan pangkat, gaji berkala, analisis beban kerja, analisis jabatan, DUK, sumpah/ janji pegawai, pensiun, kartu pegawai, KARIS/ KARSU, TASPEN, ASKES/ BPJS, penyiapan dan pengusulan pensiun pegawai, peninjauan masa kerja, dan pemberian penghargaan serta peningkatan kesejahteraan pegawai;
  19. mengusulkan izin belajar, tugas belajar, pendidikan, latihan dan lain-lain yang berhubungan dengan peningkatan profesionalisme pegawai;
  20. menyusun dan melaksanakan administrasi kepegawaian daftar usulan pegawai untuk mengikuti pendidikan/pelatihan struktural, teknis, fungsional, ujian dinas, ujian penyesuaian ijazah dan usulan pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS);
  21. melaksanakan pembinaan jabatan fungsional dinas;
  22. menyiapkan bahan pembinaan umum kepegawaian dan pengembangan karier serta disiplin pegawai;
  23. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  24. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  25. melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  26. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  27. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : BAHARUDIN, A.Md
NIP : 197506052006041025
Golongan : III/b
Jabatan : KASUBBAG PROGRAM DAN DATA

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Subbagian Program dan Keuangan berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSubbagian Program dan Keuangan;
  3. koordinasi penyusunan rencana, program dan anggaran unit kerja di lingkungan Dinas Sosial;
  4. mengoordinasikan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di Subbagian Program dan Keuangan;
  5. menghimpun data dan informasi perencanaan pembangunan di lingkup tugasnya;
  6. memfasilitasi pelaksanaan koordinasi dengan unit kerja lain untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana strategis dinas;
  7. menyusun dan menyiapkan bahan dan pelaksanaan pengoordinasian penyusunan dokumen pelaksanaan meliputi rencana strategis (RENSTRA), indikator kinerja utama (IKU), rencana kerja tahunan (RKT), rencana kerja (RENJA), rencana kegiatan dan anggaran (RKA) serta penetapan kinerja (PK);
  8. menyiapkan bahan penyusunan laporan kinerja (LKj) triwulan dan tahunan, laporan tahunan, dan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD);
  9. menyusun laporan capaian penerapan standar pelayanan minimal (SPM);
  10. menyusun standar pelayanan publik (SPP);
  11. melaksanakan fasilitasi pengukuran survey kepuasan masyarakat (SKM);
  12. menyusun dan menyiapkan bahan dan pelaksanaan pengoordinasian laporan keuangan, laporan tahunan dan laporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  13. menyusun dan mengoordinasikan hasil pembahasan anggaran dalam bentuk dokumen pelaksanaan anggaran;
  14. menyusun dan mengkoordinasikan DPA dan DPPA dalam bentuk anggaran kas;
  15. menyusun dan mengkoordinasikan laporan triwulan dan semester realisasi kinerja dan anggaran;
  16. melakukan pengelolaan administrasi keuangan;
  17. melaksanakan pembinaan terhadap pemegang kas dan penyimpanan/ pengurus barang dinas;
  18. melaksanakan pengajuan, perubahan, pemotongan dan pendistribusian gaji pegawai;
  19. melaksanakan analisis keuangan, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi, monev anggaran dan pelaporan keuangan serta aset dinas;
  20. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  21. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  22. melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Subbagian Program dan Keuangan;
  23. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  24. melaksanakan tugas kedinasan lain dan Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : SYAIFUL. M, S.Sos
NIP : 196903271991031004
Golongan : III/d
Jabatan : KEPALA BIDANG PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIAL

Uraian Tugas :

  1. perumusan kebijakan di bidang Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Jaminan Sosial Keluarga;
  2. koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Jaminan Sosial Keluarga;
  3. pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan di bidang Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Jaminan Sosial Keluarga;
  4. pelaksanaan administrasi pada Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
  • SEKSI PERLINDUNGAN SOSIAL KORBAN BENCANA ALAM
  • SEKSI PERLINDUNGAN SOSIAL KORBAN BENCANA SOSI...
  • SEKSI JAMINAN SOSIAL KELUARGA
Nama : NASRI, SH
NIP : 197608022006041009
Golongan : III/c
Jabatan : SEKSI PERLINDUNGAN SOSIAL KORBAN BENCANA ALAM

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam;
  3. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis dan supervise, evaluasi dan melaporkan pelaksanaan kesiapsiagaan dan mitigasi;
  4. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis dan supervise, evaluasi dan melaporkan pelaksanaan penanganan korban bencana alam, pemulihan dan penguatan sosial;
  5. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis dan supervise, evaluasi dan melaporkan pelaksanaan kemitraan, pengelolaan logistik, penyediaan kebutuhan dasar, dan pemulihan trauma bagi korban bencana alam;
  6. mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok seksi perlindungan social korban bencana alam berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  7. mempersiapkan, menyeleksi, mengawasi dan dan menyalurkan pemberian bantuan, jaminan, pelayanan, rehabilitasi dan relokasi sosial bagi korban bencana;
  8. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  9. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  10. melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam;
  11. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : SJAMWIDAR, S.Sos
NIP : 196811262003122005
Golongan : III/c
Jabatan : SEKSI PERLINDUNGAN SOSIAL KORBAN BENCANA SOSIAL

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial;
  3. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis, evaluasi dan melaporkan pencegahan penanganan korban bencana sosial, politik dan ekonomi;
  4. melaksanakan kebijakan pelatihan bimbingan teknis dan supervisi, evaluasi serta melaporkan pelaksanaan pemulihan sosial dan reintegrasi sosial;
  5. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis dan supervisi, serta evaluasi dan melaporkan pelaksanaan penyediaan kebutuhan dasar dan pemulihan trauma bagi korban bencana sosial;
  6. mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok seksi  perlindungan sosial dan korban bencana sosial berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  7. melaksanakan fasilitasi, bimbingan, sosialisasi dan penyediaan sarana dan prasarana terhadap pelestarian nilai kepahlawanan, kejuangan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial nasional;
  8. melaksanakan tata kearsipan dan dokumentasi kegiatan bidang perlindungan sosial korban bencana sosial;
  9. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  10. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  11. melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial;
  12. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama :
NIP :
Golongan :
Jabatan : SEKSI JAMINAN SOSIAL KELUARGA

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Jaminan Sosial Keluarga berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Jaminan Sosial Keluarga;
  3. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis, serta evaluasi dan melaporkan pencegahan penanganan korban bencana sosial, politik dan ekonomi;
  4. melaksanakan kebijakan pelatihan bimbingan teknis dan supervise, serta evaluasi dan melaporkan pelaksanaan pemulihan sosial dan reintegrasi sosial;
  5. mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok seksi jaminan sosial keluarga berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  6. melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pengawasan serta evaluasi terhadap kegiatan program keluarga harapan (PKH), kartu indonesia sehat (KIS);
  7. melaksanakan pembinaan dan bimbingan yang menyangkut dengan tugas dan kegiatan;
  8. melakukan koordinasi, bimbingan teknis, pengawasan dan evaluasi serta penertiban;
  9. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  10. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  11. melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Seksi Jaminan Sosial Keluarga;
  12. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : MUSA, S.Pd
NIP : 196508081986091001
Golongan : IV.a
Jabatan : KEPALA BIDANG REHABILITASI SOSIAL

Uraian Tugas :

  1. perumusan kebijakan di bidang Rehabilitasi Anak dan Lanjut Usia diluar panti dan/ atau lembaga, Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas diluar panti dan/ atau lembagaserta Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang;
  2. koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang Rehabilitasi Anak dan Lanjut Usia diluar panti dan/ atau lembaga, Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas diluar panti dan/ atau lembagaserta Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang;
  3. pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan di bidang Rehabilitasi Anak dan Lanjut Usia diluar panti dan/ atau lembaga, Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas diluar panti dan/ atau lembagaserta Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang;
  4. pelaksanaan administrasi Bidang Rehabilitasi Sosial; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
  • KEPALA SEKSI REHABILITASI ANAK DAN LANJUT USI...
  • KEPALA SEKSI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG D...
  • KEPALA SEKSI REHABILITASI SOSIAL TUNA SOSIAL ...
Nama :
NIP :
Golongan :
Jabatan : KEPALA SEKSI REHABILITASI ANAK DAN LANJUT USIA DILUAR PANTI DAN/ATAU LEMBAGA

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Rehabilitasi Anak dan Lanjut Usia diluar panti dan/ atau lembaga berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Rehabilitasi Anak dan Lanjut Usia diluar panti dan/ atau lembaga;
  3. melaksanakan kebijakan, melaksanakan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi pelaksanaan pelayanan sosial anak balita terlantar;
  4. melaksanakan kebijakan, melaksanakan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi pelaksanaan pelayanan sosial anak berhadapan dengan hukum;
  5. melaksanakan kebijakan, melaksanakan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi pelaksanaan pelayanan sosial anak yang memerlukan perlindungan khusus;
  6. melaksanakan kebijakan, melaksanakan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi pelaksanaan pelayanan sosial lanjut usia;
  7. mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok seksi pelayanan anak dan lanjut usia berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  8. melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pengawasan serta evaluasi terhadap kegiatan;
  9. melaksanakan pelayanan, rehabilitasi perlindungan sosial dan fasilitas bagi anak;
  10. menyediakan sarana dan prasarana pelayanan kesejahteraan sosial serta perlindungan sosial bagi lanjut usia;
  11. melaksanakan tata kearsipan dan dokumentasi kegiatan sesuai bidang tugas pokok pada seksi pelayanan anak dan lanjut usia;
  12. menyusun rekapitulasi hasil program/kegiatan sesuai bidang tugas pokok pada seksi pelayanan anak dan lanjut usia;
  13. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  14. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  15. melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Seksi Rehabilitasi Anak dan Lanjut Usia diluar panti dan/ atau lembaga;
  16. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  17. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : TENGKU SUKARDI, S.Pd.I
NIP : 197503022003121004
Golongan : III/d
Jabatan : KEPALA SEKSI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS DILUAR PANTI DAN/ATAU LEMBAGA

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas diluar panti dan/ atau lembaga berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas diluar panti dan/ atau lembaga;
  3. melaksanakan kebijakan, melaksanakan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi pelaksanaan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas fisik dan sensorik;
  4. melaksanakan kebijakan, pelaksanaan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi pelaksanaan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas mental dan intelektual;
  5. melaksanakan kebijakan, melaksanakan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi pelaksanaan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas;
  6. mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok seksi rehabilitasi sosial penyandang disabilitas di luar panti dan/atau lembaga berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  7. melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pengawasan serta evaluasi terhadap kegiatan sesuai bidang tugas pokok pada seksi rehabilitasi penyandang disabilitas di luar panti dan/atau lembaga;
  8. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  9. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  10. melaksanakan monitoring dan evaluasi Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas diluar panti dan/ atau lembaga;
  11. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : PETRI YANTI, S.PSi
NIP : 198002232000032001
Golongan : III/c
Jabatan : KEPALA SEKSI REHABILITASI SOSIAL TUNA SOSIAL DAN KORBAN PERDAGANGAN ORANG

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang;
  3. melaksanakan kebijakan, melaporkan pelaksanaan rehabilitasi sosial gelandangan, pengemis, bekas warga binaan lembaga pemasyarakatan, serta korban perdagangan orang dan korban tindak kekerasan di luar panti dan atau lembaga;
  4. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  5. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  6. melaksanakan monitoring dan evaluasi Seksi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang;
  7. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : DEWITHA SURYANINGSIH, S.Pi
NIP : 197004212000032008
Golongan : IV.a
Jabatan : KEPALA BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN PENANGANAN FAKIR MISKIN

Uraian Tugas :

  1. perumusan kebijakan di bidang Identifikasi dan Penguatan Kapasitas, Pemberdayaan Masyarakat, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkunganserta Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial;
  2. koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang Identifikasi dan Penguatan Kapasitas, Pemberdayaan Masyarakat, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkunganserta Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial;
  3. pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan di bidang Identifikasi dan Penguatan Kapasitas, Pemberdayaan Masyarakat, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkunganserta Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial;
  4. pelaksanaan administrasi Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
  • KEPALA SEKSI IDENTIFIKASI DAN PENGUATAN KAPAS...
  • KEPALA SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PENYALU...
  • KEPALA SEKSI KELEMBAGAAN KEPAHLAWANAN DAN RES...
Nama : NASRUN, S.Sos
NIP : 198112182011021001
Golongan : III/c
Jabatan : KEPALA SEKSI IDENTIFIKASI DAN PENGUATAN KAPASITAS

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas;
  3. melaksanakan kebijakan, melaporkan pelaksanaan rehabilitasi sosial gelandangan, pengemis, bekas warga binaan lembaga pemasyarakatan, serta korban perdagangan orang dan korban tindak kekerasan di luar panti dan atau lembaga;;
  4. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  5. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  6. melaksanakan monitoring dan evaluasi Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas;
  7. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : MARZUKI. SP, S.Pd
NIP : 196512311988071003
Golongan : III/d
Jabatan : KEPALA SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PENYALURAN BANTUAN STIMULAN DAN PENATAAN LINGKUNGAN

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Pemberdayaan Masyarakat, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan;
  3. melaksanakan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi, memantau dan evaluasi penanganan fakir miskin pedesaan, fakir miskin perkotaan, fakir miskin pulau kecil;
  4. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis, supervisi, evaluasi dan melaporkan pelaksanaan bantuan stimulan;
  5. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis, supervise, evaluasi dan melaporkan pelaksanaan penataan lingkungan sosial;
  6. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan seksi pemberdayaan masyarakat, penyaluran bantuan stimulan dan penataan lingkungan secara rutin maupun berkala untuk pengembangan wawasan pengetahuan dan kemampuan;
  7. menyiapkan bahan penyusunan rumusan kebijakan di bidang bantuan stimulan dan penataan lingkungan, stimulan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-RTLH)/ bedah rumah, penataan lingkungan kumuh dan kelompok usaha bersama (KUBE);
  8. menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang bantuan stimulan dan penataan lingkungan, yang meliputi pemetaan lingkungan sosial, stimulan saran lingkungan, stimulan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-RTLH)/ bedah rumah, penataan lingkungan kumuh dan kelompok usaha bersama (KUBE);
  9. menyiapkan bahan penyusunan bahan norma, standar, prosedur, dan kriteria subbagian bantuan stimulan penataan lingkungan, yang meliputi pemetaan lingkungan sosial, stimulan saran lingkungan, stimulan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-RTLH)/ bedah rumah, penataan lingkungan kumuh dan kelompok usaha bersama (KUBE);
  10. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis, supervise, evaluasi dan melaporkan pelaksanaan penataan lingkungan sosial;
  11. mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok seksi pemberdayaan masyarakat, penyaluran bantuan stimulan dan penataan lingkungan berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  12. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  13. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  14. melaksanakan monitoring dan evaluasi Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan;
  15. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  16. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan bidang tugasnya.
Nama : NURMALILI, S.Sos
NIP : 197801012003122004
Golongan : III/c
Jabatan : KEPALA SEKSI KELEMBAGAAN KEPAHLAWANAN DAN RESTORASI SOSIAL

Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana, program dan anggaran Seksi Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial berdasarkan rencana kerja dan Rencana strategis Dinas Sosial;
  2. menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lainnya yang berkaitan denganSeksi Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial;
  3. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi penggalian potensi, kepahlawanan, keperintisan, kesetiakawanan, dan restorasi sosial;
  4. melaksanakan dukungan dan bantuan/ santunan terhadap pendiri kabupaten, keluarga pahlawan serta mempersiapkan bahan dalam pelaksanaan hari besar kenegaraan;
  5. menyusun petunjuk teknis serta standar operasional pelayanan lingkup pelayanan pemakaman;
  6. mengelola taman makam pahlawan nasional kabupaten;
  7. mengelola taman pemakaman umum (TPU);
  8. melaksanakan pengembangan pembangunan rumah persemayaman;
  9. melaksanakan penguburan bagi jenazah terlantar;
  10. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis, memantau dan evaluasi lembaga konsultasi kesejahteraan keluarga dan unit peduli keluarga;
  11. melaksanakan kebijakan, memberikan bimbingan teknis, memantau evaluasi wahan kesejahteraan sosial berbasis masyarakat atau pusat kesejahteraan sosial, karang taruna, dan lembaga kesejahteraan sosial;
  12. mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok seksi kelembagaan kepahlawanan dan restorasi sosial berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  13. melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pengawasan serta evaluasi terhadap kegiatan sesuai bidang tugas pokok pada seksi kelembagaan kepahlawanan dan restorasi sosial;
  14. melaksanakan tata kearsipan dan dokumentasi kegiatan sesuai bidang tugas pokok seksi kelembagaan kepahlawanan dan restorasi sosial;
  15. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  16. melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  17. melaksanakan monitoring dan evaluasi Seksi Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial;
  18. melaksanakan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  19. melaksanakan tugas kedinasan lain dari Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin sesuai dengan bidang tugasnya.

LINK TERKAIT